Untuk ORDER PEMBELIAN cukup dengan klik gambar iklan Ecoball.


Minggu, 27 Mei 2012

Sejarah Singkat Sabun Pencuci di Dunia

Sejarah singkat sabun pencuci di dunia. Kalau coba dirunut, ternyata sabun pencuci punya sejarah cukup panjang. Dikenal sebagai pengembangan sabun kebersihan (untuk tubuh), masyarakat Eropa lebih dulu mengenal sabun pencuci seperti bentuk yang kita lihat dalam keseharian.
Sejarah singkat sabun pencuci di dunia, sejak abad ke-17, masyarakat Eropa mulai mengenal pengembangan sabun untuk mencukur janggut, mencuci rambut, hingga mencuci pakaian. Tetapi pembuatan sabun modern baru lahir melalui penelitian di Perancis dan Belgia pada awal abad ke-18, dan baru pada 1850 berdiri perusahaan industri sabun di Amerika. Selanjutnya, industri sabun kurang bergerak cepat, padahal kemajuan industri mendasari perkembangan sabun pencuci.
Sejarah singkat sabun pencuci di dunia, baru pada tahun 1916, PD I mengakibatkan industri kekurangan lemak untuk membuat sabun. Inovasi yang lahir kemudian adalah deterjen sintetik pertama yang menggabungkan bahan pembuat sabun dan bahan pembersih lain. Inovasi ini ternyata terus berkembang, dan mulai dikenal sabun pencuci untuk rumah tangga pada tahun 1930-an, tetapi baru berkembang pesat memasuki PD II yang membutuhkan sabun pencuci efektif dan efisien.
Uniknya, deterjen pertama (bukan yang sintetik tadi), digunakan untuk mencuci piring atau pakaian berbahan lembut. Kemudian setelah kandungan surfkatan dimasukkan ke dalam deterjen, daya bersih sabun pencuci tersebut jadi kegemaran masyarakat lintas dunia. Bahkan di tahun 1953, penjualan deterjen dari Amerika melebihi penjualan sabun biasa.
Selanjutnya, sejarah singkat sabun pencuci di dunia, industri bergerak cepat menambah inovasi dengan memasukkan pemutih oksigen ke dalam sabun pencuci. Di era 1960-an, sabun pencuci bahkan sudah memiliki enzim yang memungkinkan pakaian direndam sebelum dicuci. Lalu pada era 1970-an, sabun pencuci yang dipadukan dengan bahan pelembut kain mulai dikenal luas.
Inovasi sabun pencuci terus berkembang di era 1980-an seiring perkembangan mesin pencuci. Berdasarkan kebutuhan mesin pencuci, industri berhasil menciptakan konsentrat bubuk untuk mencuci pakaian. Sedang di era 1990-an, industri juga kembali menghadirkan sabun pencuci berupa cairan (superkonsentrat) yang mampu bekerja dua kali lipat lebih efektif saat mencuci pakaian.
Namun demikian, Sejarah singkat sabun pencuci di dunia, era 1990 juga menghadirkan wacana baru bagi sabun pencuci di dunia, seiring tuntutan pakar-pakar dan pemerhati lingkungan hidup yang menuntut pengurangan sabun pencuci deterjen. Bukan tanpa sebab tentunya, tetapi kerusakan lingkungan akibat deterjen sudah semakin membahayakan, dan solusi baru sabun pencuci pakaian dibutuhkan demi masa depan dunia agar tetap ramah kita tempati. Di sinilah inovasi bola pencuci seperti EcoBALL dimulai, dan menjadi babak baru sejarah perkembangan sabun pencuci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar